Tips dan Trik Dalam Bermain Futsal

Teknik bermain Futsal
1. Passing,
Dalam mengoper bola kepada teman, diusahakan dengan kaki bagian dalam diusahakan bola cukup kencang. Karena lapangan rumput futsal relatif kecil, apabila passing terlalu lambat akan sangat mudah dipotong oleh lawan. Bola futsal lebih bantet (pantulan tidak terlalu besar dibanding bola lapangan besar), sehingga sekencang apapun passing dari teman, masih memungkinkan untuk dikontrol.
2. Menconcong bola,
Mencocong adalah menendang bola namun menggunakan ujung kaki/sepatu. Biasanya bila kita sudah berhadapan dengan kiper, saat posisi kita kurang bagus untuk melakukan shoot (karena posisi bola sudah terlalu ke depan), maka menconcong bola akan mencari salah satu cara efektif untuk menghasilkan gol. Karena dengan teknik ini, bola akan melesat cukup kencang (seperti di shooting), dan bola juga akan tetap bergerak lurus. Beda dengan bola lapangan besar, apabila diconcong maka larinya bola akan tidak terkontrol.
3.Tips mencetak gol.
Karena gawangnya kecil dan celah nyetak ngga besar, usahakan bola ngeluncur seperti pisang tp mendatar. bila dari sisi samping kita giring bola ke tengah sebelum nyampe ditengah langsung tendang aja.Kalau dari kanan lawan berarti nendang ke pojok kiri kiper.
4. Jaga stamina.
Lapangan futsal relatif kecil, baik itu lapangan indoor /outdoor biassa maupun lapangan yang menggunakan rumput sintetis. tapi kadang kita terlalu asyik lari kesana kemari sehingga terlalu banyak gerak yg mengakibatkan kita cepet lelah, lebih baik ada pembagian yang tertata dalam menyerang ataupun bertahan. saat menyerang. pake umpan2 kecil dan saat bertahan langsung buang bola, sehingga pemain yang ada didepan bisa membantu pemain belakang dalam bertahan. Saat stamina Anda habis, istirahatlah. Isi atau tambah kembali stamina Anda misalnya dengan menkonsumsi air yang sehat. Salah satu contoh air sehat adalah air RO yang mudah-mudahan bermanfaat untuk menjaga stamina Anda


Tips bermain futsal :
1.Lakukan Pemanasan
Pemanasan sangat penting karena tanpa pemanasan anda akan merasa kaku dan cepat lelah saat bermain, dikarenakan otot-otot anda seperti dikagetkan dari dalam tidurnya, maka lakukanlah pemanasan tapi ingat jangan terlalu berlebihan, anda cukup melakukannya 5-7 menit, kalau berlebihan anda bakal merasa terlalu lelah saat bermain. Banyak latihan olahraga yang mendukung permainan futsal. Pemanasan seperti dalam latihan badminton akan menambah kecepatan kaki.
2.Jangan Minum Terlalu Banyak
Tips ini agar teman-teman tidak merasa kembung. Ingat, walaupun merasa sangat haus, minumlah secukupnya, jangan mengikuti hasrat, dan minumlah air yang tidak dingin dan tidak panas. Kekembungan mempengaruhi cara bermain kita.
3.Bermain Cepat dan Berputar
Dalam futsal, permainan lebih baik dilakukan dengan cepat dan tidak berlama-lama membawa bola, dan disarankan agar setelah mengoper bola secepatnya mencari posisi yang baik untuk kembali dioper. Posisi tetap tidak dianjurkan dalam bermain futsal, karena tidak cocok dengan lapangan yang kecil.
4.Tendang Dengan Ujung Kaki
Dengan beratnya bola futsal, anda dianjurkan untuk menendang bola dengan ujung kaki/jari-jari kaki, maka tendangan anda akan sangat keras. Tendangan memisang tidak terlalu dianjurkan karena masalah lapangan yang kecil lagi.
Tendangan tentunya berbeda dengan tendangan beladiri seperti taekwondo, silat, dsb.
5.Hindari Kontak Badan
Peraturan futsal sama ketatnya dengan basket. Kontak badan akan diberi pelanggaran, dan anda juga tidak boleh menyapu kaki lawan anda, tidak seperti dalam bermain bola lapangan besar. Wasit PSSI untuk futsal tentunya paham dan harus jeli masalah ini.

ARTIKEL TERKAIT:

4 comments:

ptc sites terbaik said...

nais share gan
bagi yang pengen tau program Klik Dapat Duit
http://ptcsitesterbaik.blogspot.com/

Feiruz said...

IGC-GTS Futsal Mini Tournament '13 kembali untuk siri ke 3, 4 dan 5.
Salam buat warga GTS, Inter GTS Club, dan rakan2 semua yang mengikuti perkembangan kami!! Bagi mereka yang minati futsal dan ingin mengukur sejauh mana kehebatan anda atau pasukan anda, jangan lepaskan peluang untuk menyertai Mini Tournament kami di Pusat Futsal FHMJ Seri Gombak (dulu dikenali dengan KSL Sport Center) di SinaMax Sport Center, Taman Sri Gombak. Daftarkan pasukan anda di kaunter pusat futsal sekarang!! Atau hubungi kami segera di no telefon 012 369 0073 @ 012 256 5122. Penyertaan terhad kepada 12 pasukan sahaja bagi setiap siri. Jom jalani hidup sehat bersama kami. Bersamalah kita semarakkan semangat kesukanan melalui futsal!!

Unknown said...

info menarik sekali gan
http://jualkaosfutsal.com/

walakiri sport said...

artikel yang menarik, ijin copy di www.walakirisport.com mas,., nanti saya cantumin alamat blog. itu web unutuk jualan perlengkapan olahraga.. thanks

Post a Comment