Cara Mempercepat Blog

Salah satu faktor yang bikin pengunjung masuk ke blog adalah kecepatan loading. Jika blog anda terasa berat seperti truk yang kelebihan muatan, mereka akan malas dan mengumpat blog anda dan mungkin anda sekaligus. Hehehe…just kidding!
Tapi serius, percepat loading sebuah blog itu sangat penting. Bahkan Google cinta dengan blog yang cepat seperti busway yang melaju kencang di jalur yang sepi.
Tidak sulit melakukan hal itu. Di bawah ini beberapa tips untuk mempercepat lari blog anda:
Pertama kali, periksa dulu kecepatan blog anda sekarang. Lakukan dengan situs di bawah ini:
Lihat skor anda! Jika di atas 75 itu berarti keren. Pertahankan, bro! Tapi jika di bawah itu, anda harus memperbaikinya.

1.Memilih hosting yang tepat
Sekarang sudah saatnya anda membeli hosting dibanding menggunakan yang gratisa. Itu kalau anda ingin serius cari uang lewat blogging. Saat ini banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia atau luar negeri. Kalau di Indonesia, saya rekomendasikan rumahweb.com. Ada beberapa situs/blog saya dengan perusahaan itu.
Selain harga murah, layanan chattingnya 24 jam.
2. Memilih platform yang tepat
Ada banyak platform untuk membuat blog saat ini. Di dalam cpanel hosting ini tersedia beberapa. Saya suka WordPress dengan banyak alasan. Salah satunya tentu saja WP gratis dan tampilannya desain theme premiumnya ok.
Saat ini WP paling terdepan untuk platform blog.
3. Batasi plugin yang digunakan
WordPress hebat dengan ribuan plugin dengan 1001 fungsinya. Tapi, pilih yang sesuai kebutuhan. Kebanyakan plugin tertanam di dalam blog anda, maka makin banyak kode CSS dan Javascript yang ditelan. Akibatnya, jadi lamban.
Mungkin sekitar 7 plugins udah cukup untuk saya.
4. Memilih theme yang benar
Masih gunakan theme WP gratisan? Alamak. Itu bikin tampilan desain blog anda terlihat biasa, juga tidak efektif. Premium theme seperti Thesis akan bikin blog anda melaju  kencang.
5. Ukuran gambar yang pas
Gambar atau Image sering anda gunakan di dalam blog. Tapi jika ukurannya terlalu besar akan melambatkan loading. Usahakan ukuran kapasitasnya sekitar 50 kb atau di bawahnya. Edit di phoshop dan kompres dengan menggunakan menu “save for the web”.
6. Perhatikan cache blog anda
Susah sekali saya mencari padanan kata cache dalam bahasa Indonesia ( ada yang bisa membantu?). Mungkin tembolok ya? Terserah sajalah. Tapi cache itu pengertian sederhanya adalah penyimpanan data yang sering digunakan.
Untuk itu gunakan W3 Tocal Cache agar mempercepat loading file statis yang digunakan pengunjung blog.
7. Gunakan CDN
Saya pernah membahas soal ini pada pos tentang cdn. Silakan baca: “Percepat loading blog dengan CDN“.
Dengan CDN (Content Delivery Network) blog anda tampil lebih cepat dari biasanya. Ada banyak penyedia CDN gratisan atau berbayar. Saya masih gunakan gratisan tapi cukup keren.

ARTIKEL TERKAIT:

5 comments:

Belajar Bisnis Online said...

Terima kasih tipsnya, salam kenal

Cara Online said...

Keren tuh point yg terakhir, blm banyak yg pake buat blog.. he

abitalita said...

patut di coba sob..makin cepat loading blog... makin betah visitor berlama lama di blog kita.. :)
salam knal sob..happy bloging...

Admin said...

Semoga berhasil gan tipsnya, trims sudah berkunjung

Tips sederhana said...

Tips yang sangat berguna,..
Thanks for visit sob...

Post a Comment